Pendampingan Penggunaan Teknologi dalam Peningkatan Penulisan Artikel pada Guru Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang

Authors

  • Natasia Alinsari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Windi Ariesti Anggraeni Universitas Garut
  • Zuliyati Universitas Muria Kudus
  • Winda Ningsih Universitas Garut
  • Ida Adhani STIE Bhakti Pembangunan
  • Citra Puspa Permata Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Delfian Zaman Politeknik LP3i
  • Eko Prasetyo Universitas Jambi
  • Rissa Anandita Universitas Diponegoro
  • Ihsan Nasihin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Keywords:

guru akuntansi, pendampingan, pendidikan, penulisan artikel, teknologi

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di tingkat nasional dan daerah sangat bergantung pada kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik. Dalam era digital, teknologi informasi menjadi alat penting yang dapat mendukung pengembangan profesional guru, termasuk dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan pendampingan penggunaan teknologi dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah pada guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Kegiatan pendampingan dilakukan secara daring dan mencakup empat topik utama: strategi dan teknik penulisan artikel ilmiah, penggunaan aplikasi sitasi (Mendeley), aplikasi parafrasa untuk mencegah plagiarisme, dan pemanfaatan AI dalam penulisan artikel. Metodologi pelaksanaan mencakup pemberian materi, praktikum, serta diskusi dan tanya jawab. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk penulisan artikel ilmiah. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan akses internet dan interaksi daring yang kurang maksimal, kegiatan ini berhasil memberikan stimulus bagi guru untuk menghasilkan karya ilmiah. Rekomendasi untuk kegiatan serupa di masa depan mencakup kombinasi metode daring dan tatap muka untuk meningkatkan efektivitas pendampingan.

References

Anderson, T. (2008). The Theory and Practice of Online Learning.

Bahtiar, A. Z. (2023). Akselerasi Akses dan Kesetaraan Pendidikan Berkualitas dalam Kerangka SDGs melalui Teknologi InformasiNo Title. IAIN Parepare. https://www.iainpare.ac.id/blog/opini-5/akselerasi-akses-dan-kesetaraan-pendidikan-berkualitas-dalam-kerangka-sdgs-melalui-teknologi-informasi-2171#:~:text=Dalam rangka mencapai Tujuan Pembangunan,memastikan kesetaraan akses bagi semua.

Brown, J. S., & Adler, R. P. (2008). Minds on Fire: Open Education, the Long Tail, and Learning 2.0. Educause Review, 43(1), 1–19. http://foruminnova.files.wordpress.com/2007/12/minds_on_fire.pdf

Dorji, J. (2021). Enhancing Academic Writing Skill Through Mini Lessons and Revision. JET (Journal of English Teaching), 7(1), 56–66. https://doi.org/10.33541/jet.v7i1.2272

Green, A. J., Tanford, S., & Swift, A. (2018). Determinants of Student Satisfaction with Using Instructional Technology: The Role of Active Learning. Journal of Hospitality and Tourism Education, 30(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/10963758.2017.1413381

Irawati, W., Ersyafdi, I. R., Ginting, R., Puspitasari, A., Rumaizha, R., Mukti, A. H., ... & Putri, I. S. (2023). Pengenalan Keberlanjutan Usaha dengan Perhitungan HPP yang Wajar pada Pelaku UMKM di Desa Pagedangan. Jurnal Abdi Masyarakat Nusantara, 1(2), 26-31.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal Ecogen, 2(4), 596. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7836

Marleni, M. (2020). Enhancing the Students’ Writing Skill through Technological Writing Feature of Wridea. Journal of English Education and Teaching, 4(1), 140–153. https://doi.org/10.33369/jeet.4.1.140-153

Nursansiwi, D. A., Armiani, & Sardju, H. (2023). Pendampingan UMKM dalam Penerapan Teknologi Digital guna Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Abdi Masyarakat Nusantara.

Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215–225. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Syamsijulianto, T. (2023). Peran Pendidikan Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/syam17/64f85ae8e2c0f92d9e4158d3/peran-pendidikan-dalam-mewujudkan-pembangunan-berkelanjutan?page=all#sectionall

Wiharto, W., Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan Guru Sma Kabupaten Klaten Dalam Rangka Publikasi Ilmiah Dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 185–190. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942

Published

2024-06-30

How to Cite

Natasia Alinsari, Windi Ariesti Anggraeni, Zuliyati, Winda Ningsih, Ida Adhani, Citra Puspa Permata, Delfian Zaman, Eko Prasetyo, Rissa Anandita, & Ihsan Nasihin. (2024). Pendampingan Penggunaan Teknologi dalam Peningkatan Penulisan Artikel pada Guru Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat Nusantara, 2(1), 26–33. Retrieved from https://journal.icma-nasional.or.id/index.php/JURDIASRA/article/view/67

Most read articles by the same author(s)