Accounting Competition sebagai Sarana Edukatif bagi Siswa dan Mahasiswa Akuntansi di Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.61754/jurdiasra.v3i2.161Keywords:
Accounting Competition, Kegiatan Mahasiswa, Pengembangan Kompetisi, Pendidikan AkuntansiAbstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan implementasi program kerja Accounting Competition sebagai sarana edukatif dan perlombaan kemampuan akuntansi bagi siswa siswi dan mahasiswa di Kota Samarinda. Kegiatan ini diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda untuk meningkatkan literasi akuntansi, memperluas wawasan, serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan kerja sama tim. Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan mahasiswa mahasiswi prodi akuntansi di kota Samarinda. Hasil kegiatan ini adalah setiap peserta mampu meningkatkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep akuntansi secara aplikatif. Meski demikian, terdapat sejumlah kendala, seperti keterbatasan anggaran, kurangnya koordinasi antarpanitia, dan waktu persiapan yang singkat. Hambatan ini dapat diminimalkan melalui evaluasi rutin dan penguatan kapasitas organisasi mahasiswa. Secara keseluruhan, Accounting Competition berpotensi menjadi sarana edukatif yang strategis apabila dilaksanakan secara sistematis, partisipatif, dan berkelanjutan, serta mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait.
References
Fauziyyah, N., Ersyafdi, I. R., & Ulfah, F. (2022). Pengenalan akuntansi syariah guna meningkatkan kompetensi siswa/i dan guru SMK Jurusan Akuntansi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2(1), 26-32.
Ikhsan, A., Lesmana, S., Aziza, N., Sufitrayati, Setiawan, P., Noch, M. Y., Helmiati, Wardi, J., & Hasibuan, A. F. (2023). Teori Akuntansi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 5024, Issue v).
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2021). Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7039
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Panduan Pengelolaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Latif, I. N., Barus, I. N. E., Solihin, D., Sunarto, E.Y.Suharyono, Putri, D. R., Oktafiya, N. A., & Hakim, A. C. M. (2022). Pendampingan Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Jurnal Abdimas Lamin, 1(1), 122–132.
Mahmudah, M., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 80–93. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p80-93
Maulidia, R., Aulia, T. Z., Yuniawati, R. A., Prayogi, G. D., Maryani, L., Norsita, M., ... & Nurhajra, A. (2025). Strategi Pendampingan Peningkatan Pemahaman Teknologi pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat Nusantara, 3(1), 17-23.
Murapi, I., Oki Astarini, D. A., Sriwinarti, N. K., Septian, D., & Khairunnisa. (2023). Accounting Competition Vol. 2.0 sebagai Wadah Optimalisasi Kreativitas Generasi Muda terhadap Perkembangan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(2), 339–354. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.314
Ni Luh Putu Ayu Indrawati Putri. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Penggunaan Sosial Media, Love Of Money dan Self Efficacy terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 12(01), 92–102. https://doi.org/10.23887/vjra.v12i01.51841
Prima, A. (2025). Menata Ulang Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Tengah Kesenjangan Mutu dan Akses Antara SMK Kota dan Desa. 5(3), 277–291.
Republik Indonesia. (2022). Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (pp. 1–143). https://djpk.kemenkeu.go.id/?p=22499