Peningkatan Literasi Keuangan UMKM melalui Pelatihan Harga Pokok Produksi dan Laporan Laba Rugi di Desa Panembong Garut
DOI:
https://doi.org/10.61754/jurdiasra.v3i2.147Kata Kunci:
Harga Pokok Produksi, Laporan Laba Rugi, Literasi KeuanganAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi strategis terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk di Desa Panembong, Kabupaten Garut, yang dikenal sebagai sentra produksi kerudung dan rajutan. Namun, pelaku UMKM di wilayah ini masih menghadapi kendala dalam menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) dan menyusun laporan laba rugi secara akurat. Kesulitan ini berdampak langsung terhadap penetapan harga jual yang rasional dan kelangsungan usaha. Sebagai solusi, tim pengabdian Universitas Garut menyelenggarakan pelatihan intensif bagi 30 pelaku UMKM melalui pendekatan partisipatif, seperti diskusi kelompok terfokus (FGD), penyampaian materi, studi kasus, dan pendampingan teknis. Materi pelatihan mencakup pemahaman konsep HPP, klasifikasi biaya, penyusunan laporan laba rugi sederhana, serta praktik langsung menggunakan lembar kerja. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman signifikan peserta terhadap konsep biaya dan keterkaitan antara HPP dan harga jual. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri pelaku usaha dalam mengambil keputusan keuangan. Pelatihan ini menjadi strategi penting dalam meningkatkan literasi keuangan dan daya saing UMKM di Kabupaten Garut.
Referensi
Brierley, J. (2016). An examination of the use of profitability analysis in manufacturing industry. International Journal of Accounting Auditing and Performance Evaluation, 12(1), 85. https://doi.org/10.1504/ijaape.2016.073896
Fathanah, N. (2023). Analisis strategi pemasaran kampung wisata rajut binong jati dalam penjualan produk rajut. Pragmatik, 1(3), 27-35. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v1i3.207
Goenadhi, F. (2023). Msme development strategy in tourism destination tanjung lesung, tanjung jaya village,district panimbang, pandenglang. Journal of the Community Development in Asia, 6(1). https://doi.org/10.32535/jcda.v6i1.2104
Horngren, Charles T., Srikant M. Datar, Madhav V. Rajan, “Cost Accounting- A Managerial Emphasis”, 16th edition, Pearson Prentice Hall, 2018(HDR)
Irawati, W., Ersyafdi, I. R., Ginting, R., Puspitasari, A., Rumaizha, R., Harry Mukti, A., Marpaung, O., & Swasti Putri, I. (2023). Pengenalan Keberlanjutan Usaha dengan Perhitungan HPP yang Wajar pada Pelaku UMKM di Desa Pagedangan. Jurnal Abdi Masyarakat Nusantara, 1(2), 26–31. https://doi.org/10.61754/jurdiasra.v1i2.51
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (2025). Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia. SIARAN PERS HM.4.6/27/SET.M.EKON.3/01/2025
Kumari, P. and Mishra, C. (2023). Value relevance of earnings and book value of equity in profit versus loss reporting firms: significance of intangible intensity. Accounting Research Journal, 36(2/3), 166-182. https://doi.org/10.1108/arj-06-2021-0176
Mafruhat, A. (2023). Socialization and assistance in the registration of the legality of the p-irt business for local msme leading products in ciburial village, bandung regency. Kne Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i18.14276
Mandour, M. (2021). Financial risk and cost stickiness: evidence from egypt. International Journal of Accounting and Financial Reporting, 11(2), 46. https://doi.org/10.5296/ijafr.v11i2.18751
Najib, M., Februadi, A., Djarnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C., & Nuryati, N. (2022). Inovasi desain kemasan (packaging) sebagai faktor peningkatan daya saing produk umkm di desa ciwarua, kabupaten bandung barat. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56-64. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397
Putra, R., Diana, N., & Harahap, M. (2021). The effect of sales and operating costs on net income of halal award-winning companies in indonesia stock exchange. Universal Journal of Accounting and Finance, 9(3), 383-387. https://doi.org/10.13189/ujaf.2021.090312
Rauf, R., Prayuda, R., & Munaf, Y. (2023). Model of government development for msmes through one village one product (ovop) concept by the cooperatives and msmes office in rokan hilir regencym. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(2), 635-640. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180234
Soeparyono, R. (2024). Sosialisasi penyusunan laporan laba rugi sederhana bagi kelompok usaha mikro kecil dan menengah pada umkm gading bersinar. JAC, 1(1), 47-55. https://doi.org/10.62237/jac.v1i1.38
Sugathan, M., Cassidy, T., & Carnie, B. (2016). The development and evaluation of a speciality handknitting yarn using appropriate technology for the empowerment of women in rural india. Research Journal of Textile and Apparel, 20(3), 136-154. https://doi.org/10.1108/rjta-03-2016-0005
Wicaksono, M. (2023). Sosialisasi strategi digital branding melalui website spesifik pada produk umkm kecamatan sidayu kabupten gresik. Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 219-225. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3.2112